Kamis, 30 April 2015

Makanan Khas Kota Palembang yang Menggoyang Lidah

Wisata Kuliner - Waduh..waduh..jika berbicara mengenai makanan pasti tidak ada habisnya, kali ini kita akan membahas makanan khas yang ada di palembang, makanan apa ya yang menarik di kota ini yang harus kita cicipi dan jadikan oleh-oleh saat kita berpergian ke kota palembang.. yuk yang lagi bingung, yang lagi jalan-jalan di kota palembang, yang merasa pecinta kuliner kita simak makanan khas kota ini,

1.    Pempek
Pempek adalah makanan khas palembang yang cukup terkenal di nusantara. Pempek ini terbuat dari bahan dasar ikan dan sagu atau kanji, dan bisa kita variasikan lagi dengan menambahkan bahan tambahan seperti tahu, telur, udang, dan kulit telur sesuai selera kita. Penyajian pempek ini biasanya ditemani dengan saus cuka atau dalam bahasa palembang disebut dengan cuko yang terbuat dari gula merah, bawang putih, cabe rawit, garam, dan bisa kita tambahkan denga udang ebi. Banyak ragam dari pempek ini seprti pempek tahu, pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek kriting, pempek kulit, pempek lenggang, pempek panggang, pempek adaan dan banyak lagi jenisnya .

Pempek Palembang

2.    Tekwan
Tekwan merupakan makanan khas palembang yang tak kalah enak dari pempek. tekwan terbuat dari bahan dasar yang hampir sama dengan pempek yaitu diging ikan dan sagu yang dibentuk bulat kecil-kecil dan disajikan dengan kaldu udang sebagai kuah, seldri, bawang goreng, taburan daun bawang dan jamur kuping serta bihun sebagai pelengkap.

Tekwan

3.    Model
Makanan selanjutnya yaitu model, model merupakan makanan khas palembang yang bahan dasarnya masih sama dengan pempek maupun tekwan dan ditambahkan dengan tahu sebagai isi, hanya saja bentuknya mirip dengan pempek namun dipotong kecil-kecil dan ditambah kaldu seperti tekwan. Model ini memiliki 2 jenis yaitu model ikan dan model gandum. Sebagai pelengkap model disajikan dengan campuran, timun, udang, jamur kuping, bawang goreng dan bihun atau soun bahakan ada yang menambahkan cuka pada kuah model agar terasa lebih sedap.

Model

4.    Laksan
Laksan masih seperti makanan khas palembang lainnya terbuat dari tepung sagu dan ikan hanya saja laksan ini merupakan pempek lenjer tebal yang dipotong tebal melintang dan dimakan dengan kuah santan.
Laksan

5.    Celimpungan
Masih seperti yang lain, bahkan celimpungan sekilas mirip dengan laksan, hanya saja yang mebedakannya adalah bentuknya bulat pipih lebih besar dari tekwan. Disajikan dengan kuah santan yang dicampur dengan bawang putih, kunyit, bawang merah,  garam, daun salam, dan lada,  sehingga kuah santan yang berwarna kekuninga terasa nikmat.
Celimpungan

6.    Martabak HAR
Martabak har merupakan makanan khas india, yang di bawa oleh Haji Abdul Razak,  walaupn berasal dari india namun martabak har palembang ini berbeda dengan martabak india, martabak palembang memiliki kulit martabak yang lebih renyah dan isian yang sedarhana yaitu telur ayam. martabak har terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telor, dan dimakan dengan kuah kare dengan irisan kentang dan daging kambing.
Martabak HAR


7.    Kemplang
Kemplang merupakan makanan yang gurih dan garing, berbahan dasar seperti pempek lenjer, yang diiris tipis kemudian dijemur hingga mengering, setelah kering kemplang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang hingga mengembang.

Kemplang

8.    Pindang
Hidangan pindang juga merupakan hidangan khas favorit yang digemari pecinta kuliner, pindang ini biasanya terbuat dari ikan patin atau tulang sapi dengan daging yang sedikit masih menempel yang direbus dengan bumbu asam pedas. Pindang sangat nikmat disantap dengan ditemani nasi hangat.

PIndang Tulang

9.    Kue maksuba
Kue maksuba, kua khas palembang ini memiliki rasa enak, legit dan manis. Kue maksuba ini terbuat dari bahan dasar susu kental manis dan telur bebek. Kue ini dibentuk dengan berlapis-lapis sehingga mirip sekali dengan kue lapis. Kue ini dipercaya sebagai slah satu sajian yang ada di istana palembang. Namun sekarang kue maksuba sudah banyak ditemukan di seluruh palembang.
Kue Maksuba

10.    Kue Srikaya
Kue srikaya,kue berbahan dasar telur dan daun pandan, maka tak heran kue ini berwarna hijau yang memiliki rasa manis dan legit. Kue srikaya ini memiliki bentuk hampir mirip dengan puding dan dimakan dengan ditemani ketan putih dan sangat nikmat jika dimakan saat dingin

KUe Srikaya

11.    Kue Delapan Jam
Sesuai namanya kue delapan jam ini memang dikukus sekitar 8 jam untuk menghasilkan warna coklat keemasan, kue ini berbahan dasar susu kental manis, telur bebek, mentega, , susu bubuk putih dan gula.


sumber klik disini




































0 komentar:

Posting Komentar