Jumat, 01 Mei 2015

Daftar Tempat Wisata di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jogja memiliki berbagai tempat tujuan wisata yang indah dan beragam. Tentunya tak kalah dari tempat wisata lainya di Indonesia seperti halnya beragam tujuan wisata di Bali yang indah dan menawan. Meskipun popularitas wisatawan asing yang berkunjung ke Jogja masih belum sebanding dengan pulau dewata, keduanya sama sama memiliki peninggalan budaya yang masih dipertahankan hingga kini. Ketika berkunjung ke pulau Bali kita akan disuguhi beragam peninggalan budaya berupa pura maka di Yogyakarta kita bisa menyaksikan banyak Candi-candi yang tak kalah unik.
DIY sendiri berlokasi di Jawa tengah yang memiliki kedudukan setara dengan propinsi yang ada di Indonesia. Terbentuk dari peleburan antara negara Kesultanan Yogyakarta dengan negara Kadipaten Paku Alaman. Dimana peninggalan kebudayaan tersebut masih dipertahankan hingga sekarang.
Jogja memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa dijadikan tujuan saat luburan. Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, dan juga jenis wisata-wisata lainya termasuk wisata kuliner. Penasaran? ok berikut ini akan dibahas lebih spesifik masing-masing tempat wisata di Jogja berdasarkan jenis-jenis wisatanya.

Tempat Wisata di Yogyakarta (DIY)

Terpopuler:
1. Malioboro
malioboro
Malioboro sendiri merupakan jalan yang membentang di Jogja karta. Tempat ini dikenal dengan pedagang kaki lima yang menjual dagangan mereka berupa barang kesenian khas Yogyakarta. Tak ketinggalan beraaneka ragam jajanan lesehan bisa di jumpai hampir di sepanjang jalan. Menariknya lagi, di Jalan Malioboro ini banyak di jumpai seniman-seniman yang unjuk kebolehan mulai dari bermusik, melukis, hapening art, dan performa beragan performa seni lainya.

2. Keraton Jogja
keraton Jogja
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang lebih dikenal dengan sebutan Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang saat ini berlokasi di Yogyakarta. Kesultanan Jogja sendiri baru masuk dan menjadi bagian Republik Indonesia di tahun 1950. Meski demikian, kompleks bangunan keraton tersebut masih difungsikan sebagai tempat tinggal sultan yang masih menjaga tradisi kesultanan hingga kini. Saat ini kompleks keraton Jogja ini termasuk dalam salah satu objek wisata di Jogja yang menyajikan  peninggalan bersejarah di museumnya mulai dari koleksi milik kesultanan, serta hadiah dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

3. Taman Sari Yogyakarta
Taman kerajaan ini juga dikenal dengan sebutan Taman Sari Keraton Yogyakarta berupa taman kebun istana Keraton Yogyakarta. Taman ini bisa disandingkan dengan Kebun Raya Bogor yang juga dijuluki kebun Istana Bogor. Taman Sari sendiri dibangun pada era Sultan Hamengku Buwono I tahun 1758-1765. Saat wawal berdirinya “The Fragrant Garden”  yang merupakan julukanya memiliki luas lebih dari 10 hektar terdiri dari kurang lebih 57 bangunan, mulai dari gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan, pulau buatan, dan lorong bawah air. Peninggalan yang satu ini tentunya sangat sayang sekali jika dilewatkan begitu saja sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta.

4. Candi Prambanan
Para wisatawan yang berkunjung ke Jogja pastinya ingin sekali melihat Candi yang satu ini. Candi Prambanan merupakan candi peninggalan budaya hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad 9 Masehi. Candi ini masuk dalam salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO. Ingin berkunjung kesana? langsung saja menuju lokasinya yang berada di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang. Tepatnya berada di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Pantai Parangtritis
pantai parangtritis
Parangtritis merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal di Jogja. Selain pantainya yang indah, terdapat juga wahana hiburan lainya seperti ATV, kereta kuda & kuda yang bisa anda disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Bukan itu saja, Parangtritis juga dikenal sebagai tempat olahraga udara/aeromodeling. Tentunya sangat menarik untuk dikunjungi.


sumber klik disini

0 komentar:

Posting Komentar